skip to Main Content
Agar Terlihat Percaya Diri Saat Presentasi

Agar terlihat Percaya Diri saat Presentasi

Anda telah membuat bahan untuk presentasi, termasuk melakukan penelitian, mencari data dan menyajikan dengan cara yang menarik melalui slide power point. Sekarang tugas anda adalah mempresentasikannya agar orang lain tertarik dengan pesan anda.

Kebanyakan dari kita merasa grogi dan kurang percaya diri saat akan presentasi, apalagi bila pesertanya nanti melibatkan orang-orang yang ingin anda dapatkan dukungannya

Beberapa tips yang dapat membantu agar terlihat lebih percaya diri saat presentasi adalah:

Lakukan kontak mata dengan peserta

Karena kita merasa grogi atau gugup, akhirnya kita menghindari kontak mata dengan peserta, cenderung hanya membaca slide presentasi. Padahal melakukan kontak mata merupakan hal yang penting saat anda sedang presentasi, karena dengan itu anda akan terlihat yakin akan apa yang disampaikan dan menunjukkan rasa percaya diri, juga dapat menggugah peserta tertarik dengan isi presentasi anda.

Mulailah dengan mengingat materi yang akan disampaikan sehingga anda tidak perlu lagi membaca  dari slide presentasi. Kemudian lakukan kontak mata saat ada berbicara, dengan cara yaitu saat kontak mata dengan salah satu peserta tahan beberapa detik sebelum anda pindah ke peserta lain. Biasanya anda dapat mulai kontak mata dengan peserta yang  sudah anda kenal atau terlihat mendukung anda, lakukanlah seperti sedang berbicara secara personal kepadanya. Namun jangan lakukan terlalu lama, selanjutnya alihkan kontak mata ke peserta lain, lakukan hal yang sama, demikian seterusnya. Sehingga satu persatu  atau dengan sebagian besar peserta anda telah melakukan kontak mata secara personal.

Menggunakan bahasa tubuh yang terbuka disertai gerakan tangan

Posisi berdiri dapat memberikan kesan apakah anda percaya diri atau tidak. Sebisa mungkin hindari berbicara dibelakang meja atau podium, karena seolah-olah anda menciptakan batasan antara anda dengan peserta. Cobalah singkirkan batas itu dengan berdiri ditengah tanpa halangan, disertai gerakan tangan yang terbuka. Gerakan tangan terbuka seperti anda sedang memegang bola didepan anda. Semakin besar jumlah peserta maka semakin besar bola yang anda pegang.

Variasi gerakan lain, anda dapat bergerak maju kearah peserta duduk, misalnya bila mereka duduk secara berkelompok dalam meja bundar, anda dapat mendatangi meja tersebut satu persatu. Atau bila peserta duduk dalam ruangan secara memanjang, maka anda dapat bergerak ke arah ujung, kemudian bergerak ke arah ujung sebaliknya sebelum kembali ke tengah.

Tujuannya adalah selain anda membangun keterbukaan dan kedekatan dengan peserta, badan anda pun akan terasa lebih relaks karena melakukan gerakan-gerakan dan tidak hanya berdiri seolah-olah kaku disatu tempat saja.

Memperhatikan kecepatan bicara, gunakan jeda saat bicara

Karena merasa gugup, akhirnya bicara kita cenderung jadi lebih cepat, karena ingin segera selesai. Ada baiknya anda melatih bagaimana irama bicara anda, anda bisa merekam untuk didengar sendiri atau berlatih depan cermin. Selain itu kita suka menyelipkan kata-kata pengisi atau menggumam yang tidak pas saat kita merasa ragu, misalnya em, eh, yaa, bukan, dan lain-lain. Bila kata-kata itu terlalu sering digunakan maka dapat mengganggu pendengar dan membuat mereka melihat anda tidak yakin dengan apa yang anda katakan. Maka berlatihlah agar anda dapat mengurangi penggunaan kata-kata pengisi itu.

Hal lain yang menyebabkan orang menggunakan kata-kata pengisi itu karena mereka merasa tidak nyaman bila terjadi suasana hening saat mereka berhenti bicara. Padahal sesunguhnya, anda tidak harus selalu berbicara tanpa henti. Ada saat dimana anda dapat melakukan jeda, dan biarkan diam sejenak sebelum melanjutkan lagi. Momen jeda tersebut dapat membantu pendengar untuk mencerna apa yang telah disampaikan. Karena itu berlatihlah, kapan saja momen yang dapat dimanfaatkan untuk jeda, daripada harus terus berbicara tanpa henti.

Pada akhirnya, sebelum anda melakukan presentasi, anda harus sering melakukan latihan dulu. Kuasai materi yang disampaikan sehingga tidak terlalu sering membaca, berlatihlah depan cermin dan direkam sehingga anda dapat mengulang dan memperbaiki bagian yang belum pas.  Sebagai tambahan anda juga dapat melibatkan teman untuk mengobservasi anda saat latihan presentasi dan nantinya dapat memberikan masukan sehingga saat anda tampil anda akan terlihat lebih percaya diri.

Nila Widowati, Asian Leadership Centre, ©️ 2020   nwidowati@asian-leadership.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top