skip to Main Content
Mulailah Dengan Membangun Engagement Dalam Tim Anda!

Mulailah dengan membangun Engagement dalam tim Anda!

Apa yang biasanya anda lakukan dengan tim anda saat awal tahun atau saat mulai aktif kembali setelah masa krisis?

Melakukan review atas target? Menetapkan langkah-langkah untuk pencapaian tujuan perusahaan? Memberikan arahan agar tim dapat langsung bergerak melakukan tugasnya masing-masing?

Salah satu hal yang juga memegang peranan penting adalah melihat kembali bagaimana suasana engagement di dalam tim. Sejauh mana semangat, energi, atmosfir dan kerjasama tim akan memegang peranan penting dalam kesuksesan.

Ada langkah-langkah yang dapat anda lakukan bersama tim:

Menanyakan apa yang menjadi aspirasi atau resolusi anggota tim anda saat ini dan kedepan

Kumpulkan tim anda dalam situasi yang santai dan mulailah dengan anda menceritakan apa yang menjadi aspirasi atau harapan anda, akan lebih baik bila hal tesebut tidak hanya yang terkait pekerjaan namun juga dalam kehidupan personal. Kemudian bergantian , ajaklah setiap anggota tim untuk menceritakan aspirasi mereka.

Tujuan dari aktivitas ini adalah ‘reconnect’ kembali dengan sesama tim, saling mendengarkan dan menghargai apa yang menjadi aspirasi sesama anggota dan mulai membangun keterbukaan satu sama lain.

Ingatlah, setiap orang akan berbeda tentang kedalaman menceritakan aspirasinya, tergantung sudah sejauh mana rasa percaya mereka terhadap timnya. Sebagai leader, biarkanlah setiap orang berbagi dengan caranya, tetap menyimak dan hargai tanpa memberikan penilaian.

 

Saling berbagi  antar anggota tim  agar mereka dapat  saling bekerja sama  lebih efektif

Secara berpasangan, minta masing-masing anggota tim untuk saling memberitahukan apa yang mereka harapkan dari rekan kerjanya dan apa yang mereka bisa saling dukung untuk kesuksesan kerja bersama. Berikan waktu sekitar 5-10 menit untuk setiap pasangan, setelah itu minta untuk mencari pasangan lain, dan lakukan hal yang sama sampai seluruh anggota tim saling  bertemu satu sama lain.

Tujuan dari aktivitas ini agar secara personal mereka dapat memiliki komitmen bersama dengan rekan kerjanya, dan mengajak anggota tim untuk menghargai adanya perbedaan cara kerja, ekpektasi, kebutuhan diantara mereka. Harapannya apabila kedepan mereka menemukan konflik, mereka dapat menemukan jalan untuk mengatasinya.

Sebagai leader, ada baiknya anda juga terlibat dalam aktivitas ini, sehingga selain dapat menyampaikan ekpektasi anda ke tim, anda juga mengetahui apa ekpektasi mereka terhadap anda.

Melalui  aktivitas-aktivitas diatas, harapannya Anda dan tim akan  membangun suasana kebersamaan dan engagement menjadi lebih baik lagi, terutama bila anda bersama-sama telah melewati masa sulit.

Nila Widowati, Asian Leadership Centre, ©️ 2020   nwidowati@asian-leadership.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top